Senin, 22 Juli 2013

Cerita Lahiran Preeklampsia

Preeklampsia adalah tekanan darah tinggi ketika hamil. Eklampsia adalah tekanan darah tinggi bawaan (jadi sebelum hamil memang sudah punya hipertensi). This will be a long long story, I hope you survive to read it til last. :)

Aku masih ngga habis pikir. Gimana ceritanya aku bisa lahiran 7 bulan lebih 2 minggu *versi  hitungan dokter* dengan tensi yang masih tinggi. Kalo ngga salah 150an. Alhamdulillah bisa operasi juga, fiuuh. Perjalananku menuju operasi ngga gampang lho jeng. Sebelum itu aku stay disurabaya. Waktu disurabaya aku konsulnya ama dokter adrian. Wihh, reccomended banget deh dokter yang satu ini. Tapi aku rekomen buat konsul yah kalau operasinya sih aku ngga tau hasilnya gimana soalnya masuk bulan 7 aku pulang kejember. Nah, waktu pulang kejember itu aku minta rujukan sama dokter adrian. Sebenernya sih uda dikasih banyak opsi ama obgynku itu, tapi pilihanku jatuh sama dokter D. Yang jadi pertimbangan waktu itu, dokter d perempuan jadi ngga begitu sungkan ntar kalo di'edel-edel' itunya. Sigh. Pertimbangan lainnya, dokter d ini prakteknya deket ama rumah jadi lebih mudah gitu njangkaunya.
Waktu disurabaya, aku musti kuliah which is nasib anak kosan musti jalan and naik turun tangga 3 lantai sehari kalikan jam kuliah yang ada dilantai tiga. Plus kalikan bolak balik naik turun kosan which is my room is on the 3rd floor! And the bathroom is on the 2nd floor. Can you imagine how rude is it for my feet? :D
Tapi karena hawa kos and temen2 yang rame, rasa cape ngga begitu terasa meski ada juga sih dikit. Hehe. Yang paling cape itu dikampus. Ampuuun. Mana surabaya panas. Fiuuuh. Masuk bulan 6 kakiku mulai agak bengkak tapi masih lum begitu menonjol. BFFku sih uda nyaranin aku untuk lebih hati2 tapi akunya yang bandel. Tiap hari selama bulan ke 6 ampe masuk bulan ke 7, aku makan malam pake sate gule plus jus: apokat/jambu/belimbing. Itupun makannya bareng ama BFF aku. :D Dia mau nemenin soalnya dia juga ikut ke obgyn and tensiku normal, semua normal. And then, there's come holiday.
Liburanku waktu itu aku habisin dirumah. Dari surabaya aku dijemput misua, ke obgyn minta rujukan. Nyampe jember, besoknya aku periksa ama obgyn baru aku: dokter D, di poliklinik jember/PTPN. Pertama periksa itu aku dicek semuanya sama spt waktu periksa didokter adrian. Kekurangannya, alat usgnya ngga begitu clear. Aku ngga bisa liat bayi aku. Dokternya juga ngga begitu komunikatif, beda ama dokter adrian yang sooo talkative (baca: explain much) which I loove better. :angguk-anggukin kepala:
Saat itu aku uda mulai mau lahiran. Dokter adrian bilang lahiranku kemungkinan memang prematur, kemungkinan besar aku lahiran diusia kehamilan 8 bulan, jadi aku dipersiapin untuk itu. Tapi sesampainya dijember, eeh si dokter D itu bilang kalo aku entar lahirannya diusia kehamilan 9 bulan bahkan mungkin 9 bulan lewat beberapa minggu. Haduuh. Tapi karena dari awal aku konsul ama dokter adrian, jadi akunya lebih percaya ama dokter adrian and emang mempersiapkan diri untuk kelahiran sewaktu2 diusia kehamilanku yang hampir 8.
Waktu itu, seminggu setelah kunjungan pertama ke dokter D, aku dateng lagi. Ngga ada keluhan sih, cuman kan uda trimester ketiga jadi biar lebih awas gitu. Aku juga pengen kesehatan babyku terjamin. Waktu kontrol kedua ini, aku bareng sama bibi (baca: tante suami aku). Akunya sih ngga ada keluhan tapi orang disekitarku bilang kalau kaki aku memang jadi makin besar. Sebenernya kakiku emang uda dari sononya gede tapi bengkak kali ini uda lebih parah ketimbang aku masih disurabaya. Jadi waktu kontrol aku sampein info ini ama si dokternya. Tapi kata bu obgyn ngga apa-apa yaudah berarti emang nothing happen lah. Nah, that is a BIG NO NO. Dari pengalamanku ini, kita musti skeptis, meskipun itu ama dokter, kalo bukan kita sendiri yang jaga diri kita, sapa lagi?
Bulan kedelapan *versi hitunganku sendiri* aku dateng lagi ama suami, suamiku uda mulai cemas gara-gara kakiku yang uda tambah gede. Tapi dokter D tetep bilang ngga apa-apa. FYI, sejak kedatanganku yang kedua dianter bibi sampe kedatanganku yang ketiga didampingi suami, dokter D ngga bener2 ngecek seluruhnya. Cuman usg ama anamnesa (baca:wawancara) aja. No tensi, no bb. Udah gitu vitaminnya standar: elkana. Padahal dokter adrian selalu kasih suplemen-suplemen bagus yang baik buat pertumbuhan janin and kesehatan aku tiap kali konsul. Detik itu juga aku punya niat pengen ganti obgyn. Tapi suami uda minta kontak dokter D kuatir sewaktu-waktu aku mau lahiran.
Beberapa hari setelahnya, aku minum es apukat didepan masjid agung Jember. Hmmm, enak banget itu es apukatnya. Tapi sejak dijember aku uda ngga makan sate ama gule kambing lagi :D
Besok paginya, perutku ngga enak. Aku kekamar mandi. Ternyata ngeflek (sebelumnya aku kumpul ama suami - sigh). Suamiku calling dokter D, ternyata dokter D lagi di Jember Klinik, beliau suruh aku langsung dibawa kepoliklinik. Setelah anamnesa, aku disaranin untuk opname. Kalau ngga opname boleh tapi harus minum obat and harus waspada. Kata dokter D, bayinya uda mau keluar tapi karena ngga cukup bulan ama dokter D bayinya mau dikasih penguat biar bisa keluar cukup bulan, paling engga ampe 9 bulanan. Tapi suamiku uda kuatir and ngerasa bersalah (kalau inget ekspresinya lucuuk :D) jadi dia minta aku supaya mau diopname aja. Dokter D pun juga baik banget bilang opnamenya ngga perlu lama-lama kok. Akhirnya, aku setuju opname.
Waktu opname di Jember Klinik badanku uda mulai bengkak.

Waktu itu dokter D balik ke RS karena masih ada pasien yang mau divisit. Sedangkan aku uda diurus ama perawat dibawa ke UGD. Aku inget betul, aku ada diRS pagi tapi baru masuk kamar jam 3 sore. Padahal suami juga ngga ada masalah biaya, alhamdulillah.
Waktu itu aku dikasi penguat janin ama bidan yang dimasukkin lewat vagina. Sebelum itu, di UGD aku dipasangin infus and waktu diUGD itulah aku tau kalau tensi aku tinggi. Perawat yang ada diUGD marah soalnya tensi aku tinggi tapi aku diantarkan begitu saja tanpa ada instruksi pasti dari dokter. Memang tadi si dokter ngga nensi sih. 'Sapa tadi dokternya mbak? Ini tensinya tinggi, 175' gitu kata perawatnya. Perawatnya marah-marah. Tapi aku ngga tersinggung karena perawatnya mengkhawatirkan aku. Setelah itu aku dibawa keruang melahirkan, dikasih obat penguat janin yang dimasukin lewat vagina. Bidannya baik banget. Bidannya bilang kalau nanti malem ato besok subuh aku bakalan ketemu dia lagi karena infusku waktunya habis pada jam-jam itu tadi. Dari sini aku dianterin kekamar ama bidan/perawat lain yang uda tua and tampangnya gampang marah. Hehe, maklum kerjaannya ngga sebanding ama gajinya. Sebut aja perawat S for sangar :)
Si perawat S ini matiin infus soalnya mau digeledek. Nyampe kamar infus disetel lagi. Ngga lama aku ketiduran. Jam 16.30 aku bangun. Badanku keringetan, jantungku deg-degan, badanku lemes. Ternyata infusku uda abis. Ribut dikamar. Bukannya infusku masih entar malem abisnya? Awww. Ribut-ribut selese, aku tidur lagi. Ngga inget pastinya gimana kejadian setelahnya, yang aku inget si perawat S ngga ngaku kalo dia yang nyetel infusnya tadi. Duh nih orang. Sesuatu banget yak, ngga cocok pengabdian ama kode etiknya. Ckckck.
Hari itu dokter D ngga visit. Besoknya visit bentar, bilang ngga ada apa-apa. Aku mau nanya uda speechless. Males juga. Besok paginya hari Jumat aku pulang pagi sebelum suami kemasjid. Waah, aku seneng banget bisa pulang. Bete diRS. Sekalinya diopname ngga nikmatin sama sekali. Eh. :D
Nyampe rumah aku tidur, mulai dari jam 12an ampe jam setengah 3. Bangun tidur kepalaku pusing banget. Kayak mau pecah. Bener-bener ngga kuat aku waktu itu. Kaya mending milih 'mati' aja tapi aku masih bawa baby aku. Aku bingung. Tapi ngga bisa mikir. Kepalaku ngga bisa dipake mikir. Terlalu sakit. Nyut-nyut, ngeng-ngeng, dung-dung. Pusing. Berat. Jam setengah 4an setelah mertuaku dateng aku dibawa kerumah sakit swasta lain: Citra Husada. Waktu itu kepalaku masih pusing tapi udah ngga sepusing tadi. Aku masih bisa nikmatin perjalanan. Maklum, RS ini baru and tempatnya agak dipelosok. Hehe.
Sampe di Citra Husada, aku langsung masuk UGD. Setelah ditensi, ternyata tensiku tinggi uda 220. Aku langsung dikasih suntikan disana sini. Yang paling banyak dibokong. Gilaaa. Bokongku kanan kiri disuntikin ama 3 orang yang berbeda. Ada sekitar 8 suntikan yang nancep dibokongku. Duh, tegaaa. Habis gitu masih dipasangin infus. Yang masang anak baru, ngga pas rasanya. Tapi isini perawat, bidan ama dokternya baik-baik banget. Ngga ada tuh yang tipikal perawat S for sangar kaya di Jember Klinik. Sayang, RS ini belum begitu maju. Peralatannya juga ngga lengkap. Aku dipasangin oksigen soalnya aku uda mulai susah nafas. Juga dipasangi alat deteksi detak jantung. Aku nunggu dokter jantung dateng setelah itu aku dirujuk ke RSU dr Soebandi Patrang - Jember. Duh, nasib nasibb. Uda dijadiin bahan percobaan anak-anak baru, dinaikin ambulan untuk pertama kalinya pula. Ambulansnya ngepat ngepot ngga karuan. Aku mana mikirin tensiku yang tinggi, yang aku pikirin tuh ambulansnya kalau jalan kayak bawa orang sekarat aja.
Nyampe patrang, aku masuk UGD lagi. Ditemenin ama mbak-mbak dari Citra Husada. Suer deh, mbak-mbaknya baik banget. Uda gitu ngerela-relain dirinya nemenin aku naik ambulans pula :D
Di patrang infusku dicopot, dipasang lagi soalnya yang tadi ngga bener masangnya :D habis gitu aku masuk ruang bersalin. Nah, diantara sekian ruangan yang aku masukin dipatrang ini, ruang bersalinlah yang paling horor and ekstrim. Mana diruang bersalin ini ngga bole ada keluarga yang nemenin. Jahh, sampe sekarang aku ngga habis pikir ama peraturan RS yang kaya begini. Bukannya orang hamil tuh butuh support keluarga supaya dia punya keberanian ngadepin kelahiran bayinya? Trus kenapa donk malah ngga bole ketemu keluarga? Kalau RS/pemerintah yang ngga punya duit buat bikin bilik privasi bagi bumil yang mau melahirkan yaa terus dikemanain ituuh uang pajak. Jangan lah dibuat travelling sana-sani, kasih rakyat fasilitas yang memadai. Ini malah pejabat2, istrinya ke RS Swasta, RS LN. Yang dipake gajinya dari negara=uang rakyat. Miris!
Bengkak akut. Ini udah di patrang.

Diruang bersalin tapi sempet-sempetnya narsis.
Lagi sendirian sih. :3

Back to my story. Ruang bersalin disini bener-bener horor. Pertama masuk aku langsung disuguhin teriakan histeris ibu-ibu yang lagi melahirkan. Kasian banget. Dia vaginanya dijahit tanpa dibius. Mending kalau bidannya sabar. Itu malah bidannya gusar banget denger teriakan-teriakan si ibu. Padahal lho ya, si ibu itu bertakbir. Kenapa si bidan malah gusar. Aneh. Bener-bener punya masalah mental praktisi kesehatan Indonesia. Ckckck.
Fortunately, aku ngga dihandle ama bidan. Aku dihandle ama 2 DM cowo kece. Hihihii. Tiap hari mereka yang nemenin aku, nenangin aku, curi-curi waktu kalo bidan-bidan lagi tidur biar suamiku bisa masuk and support aku. Pokonya mereka baik banget deh. Thanks a lot, guys! :)
Di patrang aku dihandle ama obgyn B. Orangnya cepet banget tapi suka nakut-nakutin. Masak babyku dibilang ngga dia jamin tangannya utuh ato nggak. Gilak! Btw, I believ in Allah not him, lucky me.
Hari minggu aku uda mau operasi. Yeay, aku hepi akhirnya bisa keluar dari ruang bersalin. :D
Tapi ternyata abiku ngga setuju aku operasi, padahal hari itu semua uda siap, dokter B pun kecewa karena beliau uda mengkhususkan hari libur itu ngumpulin timnya buat CS aku eh malah dibatalin sepihak. 
Hari senin aku ganti obgyn lagi, dokter Gogot. Beliau ngga mau langsung operasi meski kondisiku saat itu uda siap buat operasi karena beliau ngga ingin kecewa (ato malu kali ya) seperti yang dialamin ama dokter B. Sebenernya aku juga sebel ama abiku tapi yah parents is a parents. So, dokter Gogot nyaranin aku untuk induksi dulu sebelum operasi. Waktu itu aku baru bukaan 1 sejak aku ngeflek and dikasih obat penguat ama dokter D. Aku ngga mau induksi, tapi dokter ngga mau operasi kalau aku ngga mau diinduksi. Akhirnya aku mau diinduksi. Ampuun. Sakit bangeet. Ngalahin sakitnya waktu ngefelek kemarin ituu. Bener-bener sakiiiit. :(
Setelah berjam-jam ditunggu, induksiku ngga memuaskan. Pembukaannya baru buka 2.
Akhirnya, malam itu jam 11 malem aku masuk ruang operasi. Aku ngga inget apa-apa setelah disuntik. Aku dibius total. Bangun-bangun, jam dinding diruangan transit paska operasi (ngga tau apa namanya) menunjukkan sekarang jam 1 dini hari. Aku bangun. Tapi tubuhku bergetar. Tanganku naik keatas gemeteran kaya zombie (waktu itu aku sering main plant vs zombie :D). Aku takut. Aku lihat didekatku ada perawat. Aku tanya, mas aku kenapa, bayiku mana, bayiku laki-laki apa perempuan. Perawatnya agak takut juga ngeliatin aku yang kaya gitu, dia bilang aku ngga apa-apa, operasi uda selese. Aku tanya, bayiku mana. Akhirnya masnya pergi keruang bayi. Ternyata bayiku laki-laki. Alhamdulillah, aku seneng banget.
Keluar dari ruang operasi tanganku uda normal lagi tapi masih tetep gemetaran. Aku dibawa keruang nifas. Aku tidur. Besoknya aku bangun mataku ngga bisa ngeliat dg jelas. Pandanganku kabur. Aku dipindah kepaviliun ditangani ama dokter-dokter spesialis: penyakit dalam, mata, jantung, ginekolog. Yang paling bikin frustasi mata. Aku ngga bisa ngarahin mulut si kecil kearah puting susu. Bener-bener stressful aku waktu itu. Oya, bayiku aku kasih nama Ibrahim Aufa. Makna yang aku inginkan, agar anakku bisa spt Nabi Ibrahim yang taat kpd Allah dan punya keturunan yang baik. Juga Aufa agar anakku meneruskan sifat dermawan seperti papahnya :)
Aku masih diRS sampe seminggu setelah operasi. Tiap mau ditensi aku ubah moodku, aku hepi-hepiin biar tensiku ngga tinggi and cepet boleh pulang :D Sebenernya aku ngga boleh pulang ama dokter Suryo, dokter spesialis jantungku karena irama jantungku masih belum bagus. Tiap hari aku ditensi tangan kanan-kiri, kaki kanan-kiri. Cuman dihari aku mau pulang itu aku digeneral check up jantungku ama dokter Sur. Hari itu juga hasil toraks-ku udah keluar. Jadi aku boleh pulang. Senengnya lagi, aku boleh pulang ama Ibrahim. Ibrahim cuman minum asiku 3 kali aja. Obatku, terutama yang obat buat hipertensi, dosisnya keras banget. Aku takut ngefek buat si kecil. Tapi alasan paling utama: aku stres karena mataku setengah buta. Aku ngerasa berdosa karena ngga bisa kasih ASI buat Ibrahim. Yah, this is my way, this is Ibrahim's way. I will be a better mom more and more and best. Aamiin.
Btw, ini daftar biaya RS-ku.
- Jember Klinik 3 hari: 1.600.000
- Citra Husada - beberapa jam aja: 2.000.000
- dr Soebandi - Patrang: 20.000.000

FYI, I'm half blinded for almost 2 months! Can you imagine that?
Big thanks to Allah for present, alhamdulillah.. :)




Love,



1 komentar: