Jumat, 26 Juli 2013

Berawal Dari Sufor Biasa Beralih Ke Susu Soya

Dulu waktu masih dirumah sakit, anakku si Ibrahim dikasih sufor biasa ama spa-nya. Waktu itu dikasih sufor SGM. Jadi sepulang dari rumah sakit, SGM ituh yang aku kasih ke Ibrahim, ngga nyoba-nyoba sufor lain. Awalnya sih biasa aja ya. Tapi masuk akhir bulan kedua kok dikepala Ibrahim keluar benjol-benjol segede biji kacang yah. Banyak banget benjolnya. As a new mom, aku panik. Apalagi si Ibrahim kan prematur tuh, wah aku tambah panik. Takut kenapa-napa. Akhirnya, aku bawalah si Ibrahim ke bidan terdekat. Maksudku sih buat p3k gitu, paling engga dapet keterangan and pencerahan tentang benjolannya Ibrahim. Eeh, yang aku dapet malah informasi yang bikin aku makin freaky ajah ama itu benjolan. Creepy banget deh kata-kata si bidan. Dia bilang katanya dia nyerah kalo uda seperti ini. Emang dasarnya aku kurang respect ama bidan kalo buat urusan beginian, soalnya menurut aku sih bidan itu dipersiapkan untuk mengurus kelahiran and pemantauan sebelum dan sesudah kelahiran. Cuma sebatas pemantau aja loh ya, kalo konsultasi lebih lanjut menurutku itu udah ranahnya dokter spesialis: anak ato obgyn. Makanya aku heran and ngga suka banget kalo ada orang biasa -bukan ibu hamil- berobat ke bidan. Bahkan anak bayi pun, kalo sakit mending dibawa ke spa aja. Dibawa kebidan sih engga apa-apa BFFku banyak yang bidan loh asalkan sebatas cari keterangan ajah, bukan anamnesa yang mengarah ke diagnosa.
Back to topic, nah daripada akunya parno gajebo akhirnya Ibrahim aku bawa ke spa deket rumah *waktu itu spa yg handle Ibrahim dirumah sakit lagi keluar kota* Ternyata ooh ternyata, si dokter engga creepy tuh jelasinnya. Malah lebih tepatnya engga banyak penjelasan yang mencerahkan *nangis darahh* dokter cuma bilang kalo sufornya aja yang minta diganti. Abis gitu aku dikasih resep, diresepnya itupun cuman tertulis dua kata: Nutrilon Soya. Kalo inget ini aku jadi ngakak engga abis-abis. Hahahaha. Bayangin ajaa, si bidan engga paham sama yang beginian bikin orang ketakutan sampe akhirnya aku rela antri berlama-lama di spa ituh, eeeh ternyata yang ditulis cuman merk sufor doank. Sumpah gondok banget deh ingetnya.
Yah gapapalah, meskipun engga dapet penjelasan panjang lebar yang penting akhirnya aku dapet resep buat ngilangin and musnahin benjolannya Ibrahim. :D

Nutrilon Soya 3. Ibrahim pake mulai dari yang NS 1.

Aku sih waktu dokternya kasih resep ini yang ada dipikiranku langsung tentang lactosa intoleransia. Soalnya waktu lagi hamil Ibrahim aku rajin kebangetan baca buku-buku tentang ibu hamil, baby and permasalahannya. Jadi waktu itu sebenernya dapet pencerahan juga sih. Cuman kalo engga pernah baca mungkin bener-bener engga dapet pencerahan yang signifikan tentang penyebabnya apa aja. Hasss. Tipikal dokter sekali yah. But it's ok, aku uda punya bukunya kok and si buku lebih ramah penjelasan daripada si dokter. :D Hmmm, kaena lain kali aku musti bikin reviewnya deh. Oiya, lactosa intoleransia itu kurang lebih ketidaktahanan tubuh ama lemak yang terkandung dalam susu sapi makanya si anak dialihkan ke susu soya. Kalo engga cocok sama susu sapi biasanya kaya Ibrahim gitu: benjol, kadang ada juga yang benjol diirimgi gatal-gatal.
Waktu itu aga susah juga sih buat ganti susu yang lama *sgm* ke susu yang baru ini. Triknya waktu itu aku engga kasih dia minum susu dulu. Waktu dia mulai bener-bener haus baru deh aku kasih itu susu soya. Aku selang seling, kadang kan dia meski uda laper tetep keukeuh pengen susu yang lama. Tapi akhirnya mau juga aku kasih susu soya ini.
Hmmm, susu soya ini ke pup ama kentut anak lebih menyengat yak baunya. Pupnya Ibrahim - hadeuh - baunya sadap sekali. :D Curcol dikit: pernah lho Ibrahim aku ajak ke Larissa, waktu aku tritmen dia sama utinya nunggu didepan. Eeeh, Ibrahim malah pup. Aduh, kata utinya waktu itu mereka disinisin ama pengunjung yang laen. Huhuhu, kalo inget aku kasian. Coba aja waktu itu aku ada diluar, pasti aku gantiin disitu aja sekalian Ibrahimnya. Larissa Jember ini yang lama yang di jalan jawa sekarang ganti fabiola sendiri engga nyediain kamar mandi yang memadai. Lagian kan wajarlah kalo anak-anak pup dimana-mana. Mereka kan punya kantong pup. -____-
Back to topic AGAIN. :)
Ibrahim ini BBLR loh. Bayi dg Berat Lahir Rendah. Waktu lahir dia cuman 2 kilo. Tapi alhamdulillah pertumbuhannya menyenangkan dan membahagiakan. Meskipun sempet kena step. :( Lain kali aku share tentang yang itu. Sekarang share yang ini dulu yah. Ini sedikit rekap Ibrahim mulai dari bayi ampe sekarang. :)

 Diinkubator rumah sakit. tapi inkubatornya engga dinyalain terus. Kadang aja.
Ibrahim meskipun prematur lahir sehat ~ alhamdulillah. :)

Ini setelah aku bawa pulang. Panjangnya 47 senti. Beratnya 2 kilo.
Kecil banget. Kalah ama guling bayi disampingnya.

Baju bayinya aja kegedean.
Kulitnya juga ngelupas gitu deh. Sedih liatnya.

Ini waktu aku bawa pulang kerumah mertua.
Usianya sekitar 2 bulanan waktu itu.
Tapi perkembangannya bagus yah. Alhamdulillah.

Umur 3 bulan makin gede and teges bentuk-bentuk tubuh and wajahnya. :)

Lagi mik cucu coya. :D Umur 5 bulan.

Umur 6 bulan. Ini dia uda mulai belajar ngerangkak loh.

Bulan 6 ini mulai aku MPAsi.
Susyah. Makanannya dikeluarin mulu.
Sabar!

6 bulan. Makin lucuuu.

Satu tahun. Uda bisa jalan tapi jalannya kaya ibu-ibu abis lahiran. :D
Maklum, belum bisa atur keseimbangan tubuh dengan sempurna.
Jalannya masih 'mbekangkang' *maafkan diksinya yang kacau*

Satu tahun lebih bbrp bulan. Luping.
Masih mimik cucu coya.

Satu tahun setengah. Uda teges jalannya. Bisa lari.
Doyannya makan kerupuk. Tapi jangan dituruti ya bunda kalo anak doyan kerupuk. :)

Ini umurnya sekitar 18 bulanan.
Pulang renang nih. Hahaha.
Jadi pengen renang, tapi galau sekarang bulan puasa. Hoaaaam

 Lucuu. Iseng banget nih.

Masya Allah, gantengnyaaaa. ( ˘ з(˘⌣˘)

Hobinya maen bola. Dung dung!

Umur 2 tahun and masih minum susu soya.
Can you see that hole?
Dia yang bikiiiin. (¯―¯٥)

 Dua jagoan aku.
My Cupcakes ♥

Subhanallah .. ♥♥♥ guantengnyooo *maknye lebay* :D

Sekarang ini yang bikin galau gimana cara yang tepat and cocok buat nyapih Ibrahim. Kalo asi kan tinggal dipisah aja ama mamahnya. Kalo sufor, engga dikasih anaknya nangis gulung-gulung. Deuuww, dilema. Tapi Ibrahim ini susunya ampe dia umur 3 taun sih. Moga aja beberapa bulan ini dia mau dibujuk minum susu pake gelas. FYI, Ibrahim masih minum susu pake dot! Ampuuun. :D
Yah, mungkin entar aku ganti sufor yang biasa aja kali yah. Such as bebelac, chilkid ato nutrilon royal. Mungkin kalian ada yang udah pengalaman nyapih baby sufor? Kasih saran doonk.
Heeelp meee. (┌','┐)

16 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus
  2. Salam kenal. Aku nyasar kemari pas lg cari info ttg susu soya. Anakku namanya Ibrahim juga :)

    BalasHapus
  3. Halo mba..
    Saya mau tny stelah ibrahim ganti susu soy apakah bintil merah masih muncul? Soalnya anak saya alergi masih kluar bintil merah pdhl sdh minum susu HA, apa musti ganti soya jg ya? Tlg d bales ya, trims😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu balas, anakq jg bintil2 alergi susu sapi. Yg pernah aq baca, susu HA (protein susu sapi terhidrolisir sebagian) itu unt mencegah alergi (bkn unt anak yg sudah memiliki alergi). Susu unt alergi bs konsumsi soya ato susu sapi dgn protein susu terhidtolisir sempurna spt peptijunior, neocate, dll....

      Hapus
  4. Mau tanya ya uuntuk sufor sgm soya sama nutrilon soya itu bagusan mana ya soalnya anak saya juga alergi susu sapi

    BalasHapus
  5. Mau tanya ya uuntuk sufor sgm soya sama nutrilon soya itu bagusan mana ya soalnya anak saya juga alergi susu sapi

    BalasHapus
  6. Ini sama banget kek bayi akuh😭 lahir nya 2kg panjang nya 47cm, dari bayi sufor pertama SGM BBLR, lanjut Lactogen, lanjut bebelove dan sekarang diare* muntah* 😭

    BalasHapus
  7. anaka saya juga prematur....lahir 1,200 anak saya tidak asi....usia 2 bln sanpe 4 bln anak saya bmt morinaga ...setelah minum susu itu anak saya eek pipis darah akhirnya konst dokter disuruh ganti yg soya...diusia 6 bln anak saya diare berat dokter mendiagnosa alergi soya juga saya pusing sekali mau minum apa anak saya....dokter menyarankan untk neocate yg harganya selangit...demi kesehatan anak saya ya aku beli onlaine krna ngak dijual ditoko2....stlh keadaan membaik saya putuskan untk kembali kesoya dan neocate sehari 2 sampe 3 kali...tpi akhir2 ini anak saya pup nya ijo...knapa ya....

    BalasHapus
  8. Mojokin bidan banget sih tulisannya.. padahal bidan juga diperbolehkan mengobati anak sakit dengan kriteria tertentu. Dan tugas bidan bukan hanya MEMANTAU..! Tapi melakukan penanganan.. Review nya bagus, tp attitude penulisannya sedikit kurang karena memojokkan salah satu profesi hanya karena kesalahan seseorang..

    BalasHapus
  9. Mojokin bidan banget sih tulisannya.. padahal bidan juga diperbolehkan mengobati anak sakit dengan kriteria tertentu. Dan tugas bidan bukan hanya MEMANTAU..! Tapi melakukan penanganan.. Review nya bagus, tp attitude penulisannya sedikit kurang karena memojokkan salah satu profesi hanya karena kesalahan seseorang..

    BalasHapus
  10. Hai bun.. pgn sharing dong.. anak sy pake sgm soya alergi sufor sapi.. ada yg bilang soya tdk bagus untuk perkembangan bayi, yg pgn tanyakan apakah anak bunda perkembangan nya baik2 saja ya bun stlh konsumsi soya sampai gede? Sy kuatir dg info2 miring yg bilang kalo soya bikin anak tdk maksimal perkembangan nya 😢😢😢😢 please bls ya bun...

    BalasHapus
  11. Hai bunda valentine's..mw bagi info sedikit saja tentang susu soya, pada dasarnya susu soya boleh di berikan pada anak yang mengalami alergi sufor sapi, bunda bisa berikan susu morinaga soya saja bund, karena komposisi ny sudah dilengkapi dengan faktor kecerdasan(AA,DHA,KOLIN), faktor tumbuh kembang optimal, dan faktor pertahanan tubuh ganda. Yang di dalamnya sudah di lengkapi dengan kandungan nukleotida yg berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil, jika daya tahannya meningkatkan maka alergi akan cepat teratasi...
    Jadi bunda tidak perlu khawatir y...

    BalasHapus
  12. hay bunda " anak saya juga minum sufor awalnya morinaga bmt sampai umur 3 bulan selalu muncul bintik merah dan seperti bisul timbul hilang terus sudah di bawa ke dokter sebagian bilang kemungkinan alergi susu sapi ada juga dokter bilang tidak kuat dg suhu panas, karena kulit anak saya putih bule sensitif, akhirnya nyoba ganti ke soya badanya mulai bersih gak muncul lagi ... cuma jadi sering BAB sehari bisa 3 x jadi bingung masa alergi soya juga? ? apa mungkin gak cocok susunya? ??

    BalasHapus
  13. anak saya bb ny gak drastis naik pa karena minum soya juga yah?

    BalasHapus
  14. anaku juga prematur, awalnya bbrl nah pas beratnya sudah normal suruh ganti yg biasa tapi sudah ganti 4x masih keluar bintil merah, apakah harus beralih ke soya juga yaa

    BalasHapus
  15. Anakku awalx pakek sufor sgm krna alergi susu sapi pindah ke sufor soya aq pakek yg sgm soya.anaknya malah mkin rewel dan susah tdr semnjak pakek soya ini,smlam bisa bngun berkli lain klo pkek sufor sgm biasa atau susu sapi semalem cmn bngun 1 atau 2 kali.gmna klo sya pindah lagi ke sufor sgm biasa tpi alergi susu sapi???

    BalasHapus